Inovasi Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Berbasis STEAM Melalui Media Loose Parts untuk Membangun Kompetensi Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.795Keywords:
pembelajaran matematika, anak usia dini, STEAM, loose partsAbstract
Perubahan paradigma pendidikan di Indonesia menuntut adanya inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Permasalahan utama yang dihadapi adalah bagaimana merancang pembelajaran matematika anak usia dini yang tidak hanya mengenalkan konsep dasar, tetapi juga mampu menumbuhkan kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) berbasis media loose parts dalam pembelajaran matematika anak usia dini untuk membangun kompetensi abad ke-21. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis melalui studi pustaka terhadap berbagai literatur terkait STEAM, loose parts, dan standar pembelajaran matematika menurut NCTM. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi STEAM dan loose parts tidak hanya efektif dalam mengenalkan bilangan, geometri, pengukuran, maupun aljabar sederhana, tetapi juga mampu melatih pemecahan masalah, kreativitas, serta kesadaran spiritual melalui apresiasi terhadap ciptaan Allah SWT. Manfaat dari inovasi ini dirasakan baik oleh anak maupun guru, karena selain meningkatkan mutu pembelajaran PAUD, juga berkontribusi pada terbentuknya generasi emas 2045 yang cerdas, berakhlak, dan adaptif terhadap tantangan global.
References
Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh pembelajaran steam (science, technology, engineering, arts, and mathematics) terhadap kreativitas peserta didik. Biolearning Journal, 8(1), 24–26.
Azizah, E. M., Yuhasriati, Y., Khoiriyah, K., Rosmiati, R., & Mandira, G. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis STEAM dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6620–6630.
Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12544–12552.
Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, I., Khasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, A. A., Susanti, S., Hasyim, S. H., Nuraisyiah, N., & Fuadi, A. (2023). Landasan pendidikan. Penerbit Tahta Media.
Jarwani, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 12–25.
Ketut, N., Yuliari, R., & Hanim, W. (2020). studi literatur Pendekatan Pembelajaran STEAM Menyongsong Era Society 5.0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 18–27.
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics)-based early childhood education learning in Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276–285.
Nasrah, N. (2021). Efektivitas model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada siswa kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13.
Negeri Jakarta, J. R. M., & Negeri, M. A. (2020). Implemetasi STEAM dalam Pembelajaran Biologi: Upaya Pemberdayaan Guru Biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).
Nisa, K., & Indrayani, L. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) bagi Guru PAUD El-Mumtaz Tahfidz Center. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80.
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran stem berbasis loose parts untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 5(1), 19–31.
Pratiwi, L. (2021). PENGGUNAAN PENDEKATAN STEAM PADA KEGIATAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) UNTUK MELATIH KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Rasyidin, W., Sadulloh, U., Suyitno, H. Y., Kesuma, D., Somarya, D., Kurniasih, H., Robandi, H. B., Setiasih, H. O., Hendriani, H. A., & Nuryani, H. P. (2017). Landasan Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ruhaliah, R., Nurjanah, N., Kuswari, U., Sutisna, A., & Nur, R. M. (2024). Implementation of Merdeka Curriculum for Sundanese and Balinese Language Subject. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 4(4), 576–582.
Salamah, S., Hidayat, R., & Herniawati, A. (2024). Analisis pembelajaran steam terhadap kemampuan berpikir kritis (HOTS) anak usia 5-6 tahun. Jurnal Intisabi, 1(2), 50–61.
Sholiha, I. I., Hasanah, L. U., Ainurrahmah, S., & Luciana, U. (2022). Miningkatkan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Media Loose Part. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 63–67.
Ulfah, M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan pembelajaran matematika dalam national council of teachers of mathematics (nctm) pada anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 127–143.
Zakso, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia.(J-PSH) Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13 (2). 916-922.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Atiasih Atiasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.