Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narative Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) Menggunakan Media Video Klip Lagu

Authors

  • Irman Nurahman SMPN 1 Cikembar Sukabumi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.198

Keywords:

Project-Based Learning, Media Video Klip Lagu, Menulis Teks Narrative

Abstract

Model pembelajaran dan media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran yang ditentukan guru pada proses belajar mengajar khususnya dalam keterampilan menulis. Banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam menyusun teks narative serta kurang termotivasi dalam menulis Narative Text menyebabkan kemampuan menulis narrative siswa  kurang memuaskan. Melalui metode dan media yang tepat, penulis berharap dapat memecahkan masalah tersebut dengan mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narative melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dengan Menggunakan Media Video Klip Lagu pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Cikembar Sukabumiâ€. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan model pembelajaran Project-Based Learning dan media video klip lagu dapat meningkatkan kemampuan menulis Narrative siswa sebagai hasil dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis Teks Narative siswa pada tahap pra tindakan nilai rata-rata siswa 65,33. Setelah tahap siklus I nilai rata-ratanya 72,28. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 79,33 dengan kategori tuntas semua, dan hasil pencapaian nilai akhir siswa memperoleh  rata-rata nilai sebesar 79,75 dengan KKM 75. Dari hasil tersebut terlihat bahwa ada peningkatan keterampilan  siswa dalam menulis Teks Narative. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project-Based Learning dengan menggunakan media video klip lagu berhasil meningkatkan kemampuan menulis Teks Narative siswa kelas VIII-D SMPN 1 Cikembar Sukabumi

Published

2023-01-12

How to Cite

Nurahman, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narative Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) Menggunakan Media Video Klip Lagu. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(5), 361–367. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.198

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.