Motivasi Belajar Siswa Berkeluarga

Authors

  • Zakiyah Zakiyah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep, Indonesia, Indonesia
  • Firda Ayu Wahyuni Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.202

Keywords:

Motivasi Belajar, Siswa, Berkeluarga

Abstract

Motivasi belajar siswa berkeluarga merupakan suatu dorongan untuk tetap belajar meskipun sudah berkeluarga, dimana dorongan tersebut timbul baik dari dalam maupun dari luar diri siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau memperoleh data tentang apa motivasi belajar instrinsik dan ekstrinsik siswa berkeluarga dan apa dampak positif dan negatif dalam belajar bagi siswa berkeluarga di Desa Pakamban Laok Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan menggambarkan data atau informasi yang telah dikumpulkan, kemudian memilih dan mengolah data yang diperlukan sesuai dengan pembahasan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adapun yang menjadi motivasi belajar instrinsik siswa berkeluarga di Desa Pakamban Laok adalah (a) karena sisiwa berkeluarga tersebut ingin menambah ilmu pengetahuan dan ingin memperluas wawasannya (b) ingin menyelesaikan pendidikannya sampai lulus dan mendapatkan Ijazah (c)  karena ingin menggapai cita-citanya. Sedangkan yang menjadi motivasi belajar ekstrinsik siswa berkeluarga di Desa Pakamban Laok adalah karena adanya dukungan dari pihak keluarganya, baik dari orang tuanya ataupun drai suaminya. Adapun dampak positif dalam belajar siswa berkeluarga di Desa Pakamban Laok adalah (a) semakin giat dan semangat dalam belajar (b) semakin mudah dalam belajar karena mendapatkan bimbingan langsung dari suaminya (c) siswa berkeluarga dapat menjadi teladan yang baik bagi teman-temannnya yang lain. Sedangkan dampak negatif dalam belajar bagi siswa berkeluarga di Desa Pakamban Laok adalah kurangnya waktu belajar karena sudah disibukkan degan urusan rumah tangganya

Published

2023-01-25

How to Cite

Zakiyah, Z., & Wahyuni, F. A. (2023). Motivasi Belajar Siswa Berkeluarga. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 398–402. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.202

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.