Etika Profesi Guru dalam Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan, Indonesia
  • Tri Astuti Nuraini Universitas Balikpapan, Indonesia
  • Aura Shalsha Billa Eka Dava Yanti Universitas Balikpapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.208

Keywords:

Etika, Profesi, Sekolah Dasar

Abstract

Tenaga pendidikan yang professional menjadi unsur yang sangat penting dalam proses berlangsungnya pendidikan. Guru sebagai seorang pendidik harusnya memenuhi etika pendidikan, untuk dapat memiliki akuntabilitas yang tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan adanya etika, guru akan dapat mengatur hubungan baik sesame guru, dengan kepala sekolah, dengan lingkungan sekolah, dan yang paling penting hubungan dengan peserta didik. Sehingga perlu adanya pemecahan masalah yang mampu meningkatkan motivasi, agar guru memiliki karakter yang sesuai dengan etika profesi. Hasil penelitian yang dilakukan menemukan hasil yaitu 1) Guru sudah bisa mengendalikan dan memberi, 2) Guru sudah bisa mengembangkan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, 3) Guru masih belum optimal dalam memberikan layanan keamanan bagi peserta didik. Terlihat dibeberapa SD  ini untuk etika guru sudah berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, yang dimana etika profesi guru pendidikan Sekolah Dasar Kota Balikpapan ini sudah dilaksanakan walaupun belum optimal dalam penerapannya

Published

2023-01-30

How to Cite

Indriawati, P., Nuraini, T. A., & Eka Dava Yanti, A. S. B. (2023). Etika Profesi Guru dalam Pendidikan Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 414–421. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.208

Citation Check

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.