Pengaruh Kreativitas Guru dan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 12 Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i1.213Keywords:
Kreativitas Guru, Self Efficacy, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian yang berjudul Pengaruh Kreativitas Guru dan Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar Siswa untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kreativitas Guru dan Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 12 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan sampel sebanyak 152 dari total 244 populasi terjangkau yaitu siswa Kelas X. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Analisis regresi Berganda dan teknik pengumpulan data dilakukan secara online dalam bentuk kuesioner melalui gform. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kreativitas Guru memiliki pengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Siswa dengan nilai uji-thitung 1,991 > ttabel 1,655. Selain itu, Self Efficacy memiliki pengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Siswa dengan nilai uji-thitung 6,673 > ttabel 1,655. Selanjutnya, Kreativitas Guru dan Self Efficacy memiliki pengaruh positif secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa dengan nilai uji-fhitung 38,122 > ftabel 3,06.