Analisis Kepuasan Pasien JKN Terhadap Pelayanan Petugas Tempat Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Mitra Anugrah Lestari Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.36Keywords:
Kepuasan, Pelayanan, Sumber Daya ManusiaAbstract
Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan kesehatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien JKN terhadap pelayanan petugas tempat pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Mitra Anugrah Lestari (MAL) Cimahi. Jenis penelitian berupa deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif. Populasi sejumlah 10.624 orang pasien dan dengan jumlah sampel 99 orang. Dari hasil penelitian pada periode Januari, Februari dan Maret 2019 diketahui bahwa pelayanan petugas pendaftaran dari data kuesioner yang dibagikan diperoleh bahwa prosentase paling tinggi dilihat dari keramahan serta kenyamanan terhadap pelayanan petugas pendaftaran yang menyatakan Sangat Setuju 7 orang (7,1%), menyatakan Setuju 37 orang (37,4%), menyatakan Ragu-Ragu 42 orang (42,4%), menyatakan Tidak Setuju 13 orang (13,1%). Prosentase kedua dilihat dari petugas pelayanan yang selalu berhati-hati, dan tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan yang menyatakan Sangat Setuju 14 orang (14,1%), menyatakan Setuju 49 orang (49,5%), menyatakan Ragu-Ragu 28 orang (28,3%), menyatakan Tidak Setuju 8 orang (8,1%). Prosentase ketiga dilhat dari petugas pelayanan yang selalau membudayakan (senyum, sapa, salam, sopan, santun) 5S yang menyatakan Sangat Setuju 18 orang (18,2%), menyatakan Setuju 40 orang (40,4%), menyatakan Ragu-Ragu 35 orang (35,4%), menyatakan Tidak Setuju 6 orang (6,1%).