Desain, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran PAI

(Penelitian di SMP Vijaya Kusuma Kota Bandung)

Authors

  • Ela Komala Institut Agama Islam (IAI) Persis Bandung
  • Ani Rohaeni Institut Agama Islam (IAI) Persis Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i2.372

Abstract

Tujuan tulisan ini berfokus pada desain pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran sesuai dengan amanah kurukulum 13, semua mata pelajaran menggunakan asessmen autentik, termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penilaian autentik (Authentic Assessment) adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, desain yang digunakan yaitu studi kasus yang artinya peneliti mengungkap dan menganalisis secara mendalam terhadap permasalahan agar mendapatkan hasil yang spesifik. Hasil penelitian ini yaitu terdapat beberapa teknik penilaian yang digunakan guru pada setiap aspek. Aspek kognitifnya adalah guru menggunakan tes tulis, tes lisan dan penugasan. Aspek afektifnya guru menggunakan observasi, wawancara, penilaian diri, penilaian antar teman, jurnal atau catatan harian. Sedangkan aspek psikomotorik guru menggunakan teknik proyek, unjuk kerja, dan portofolio. Dari ketiga asepk ini digunakan untuk mendapatkan gambaran secara utuh tentang ketercapaian kompetensi peserta didik dan juga dapat digunakan untuk dijadikan alat ukur tingkat keberhasilan pembelajaran yang sangat penting dalam pendidikan

Downloads

Published

2024-06-03