Manajemen Kurkulum Pendidikan Islam

Authors

  • Ela Komala Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.135

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Islam

Abstract

Manajemen kurikulum dalam suatu Lembaga Pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting, karena pengelolaan kurikulum dengan baik akan mempermudah tercapainya tujuan pendidikan dengan maksimal. Dalam kaitanya dengan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di MA Persatuan Islam (Persis) Ciganitri kurikulum merupakan pedoman yang memiliki peranan strategis dan penting  untuk mencapai suatu tujuan pendidikan yang diharapkan. Manajemen kurikulum merupakan substansi manajemen yang utama di Madrasah, prinsip dasar manajemen ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat    berjalan    dengan    baik   dengan    tolak ukur pencapaian tujuan oleh peserta didik dan mendorong guru dan lenbaga Pendidikan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji tentang penyiapan kurikuum, struktur kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi kurkulum di MA Persis Ciganitri. Metode penelitian yang digunaklan ialah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan mengklasifikasian data, setelah itu peneliti memberikan pemaknaan. Hasil penelitian: Pertama, Penyiapan kurikulum yang dirancang di MA Persis Ciganitri No. 84 ini sudah oleh satuan pendidikan sudah berjalan  dengan baik, karena mengacu pada SI & SKL serta berpedoman pada panduan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kedua,Struktur kurikulum yang disusun di MA Persis  Ciganitri terlalu membebani peserta didik dengan panjangnya waktu belajar, sehingga hal berdampak pada kejenuhan dalam kegiatan belajar. Ketiga, Kegiatan pembelajaran di MA Persis Ciganitri sudah baik dilaksanakan di pagi sampai siang hari, karena secara umum konsidi pisik dan psikis peserta didik dan pendidik masih fit sehingga siap untuk melangsungkan proses kegiatan belajar mengajar.

Published

2022-01-20

How to Cite

Komala, E., & Erihadiana, M. (2022). Manajemen Kurkulum Pendidikan Islam. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 534–545. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.135