Penerapan Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Parklands

Authors

  • Rapidatul Wasila Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Munawir Pasaribu Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.439

Keywords:

Penerapan, pendidikan agama islam, karakter, anak usia dini

Abstract

Penerapan pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik pada fase anak usia dini, para pendidik harus mempertimbangkan peran penting pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki atau meneliti cara atau metode yang di gunakan disekolah dalam menerapkan pendidikan agama islam di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Parklands. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dimana menjelaskan apa saja fenomena yang terjadi pada persoalan yang diteliti. Data-data dikumpulkan melalui observasi langsung ke lapangan Tadika dan menelaah mulai dari kurikulum yang digunakan. Lingkungan sekitaran Tadika dan bagaimana kemampuan kompetensi pendidik Tadika Al-Fikh Orchard. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pendidikan agama islam terhadap anak usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard dapat membentuk karakter peserta didik tapi tidak bisa dilihat secara langsung atau selesai pembelajaran namun secara bertahap melalui pembiasaan yang di lakukan setiap hari di Tadika, serta faktor pendukung seperti kurikulum yang digunakan dan frofesionalisme guru sebagai tenaga pendidik serta adanya komunikasi antara guru dan orang tua peserta didik

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Wasila, R., & Pasaribu, M. (2024). Penerapan Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Parklands. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 519–530. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.439