Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Botanic Selangor, Malaysia

Authors

  • Nurul Ulya Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Munawir Pasaribu Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.437

Keywords:

Anak usia dini, Pola asuh, Kecerdasan emosional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini menunjukkan pentingnya gaya pengasuhan orang tua terhadap anak menentukan kemampuan anak dalam membina hubungan sosial dengan orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan setiap orang tua berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Botanic. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan instrumen observasi dan wawancara, sedangkan analisa data berupa tahap reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pola asuh yang diberikan orang tua dalam mendidik anak di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Botanic Selangor Malaysia adalah pola asuh Demokratis dan Permisif dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Ulya, N., & Pasaribu, M. (2024). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Botanic Selangor, Malaysia. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 511–518. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.437