Pengaruh Motif Hiburan, Pencarian Informasi, dan Pemeliharaan Hubungan terhadap Niat Mahasiswa Menggunakan TikTok

Authors

  • Angelica Margaretha Pardede Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia
  • Ima Ismatul Maulani Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia
  • Masya Masrofah Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia
  • Ikhsan Fuady Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.656

Keywords:

TikTok, Uses and Gratifications, Mahasiswa, Motif Penggunaan, Niat Menggunakan Media Sosial

Abstract

TikTok menjadi platform media sosial populer di kalangan Generasi Z, termasuk mahasiswa yang memiliki waktu lebih fleksibel untuk mengaksesnya. Deriyanto & Qorib (2018) menemukan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap TikTok karena dapat memperluas jejaring sosial, memberikan hiburan, dan menyajikan informasi. Melalui pendekatan kuantitatif dengan dan metode survey, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari ketiga persepsi positif mahasiswa, yakni hiburan, pencarian informasi, dan pemeliharaan hubungan. terhadap niat menggunakan TikTok. Sampel dari penelitian ini adalah 385 mahasiswa di Pulau Jawa. Hasil penelitian dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Hasil menunjukkan motif hiburan memiliki pengaruh paling dominan (?=0,598, p=0,000), diikuti pencarian informasi (?=0,173, p=0,000) dan pemeliharaan hubungan (? = 0,204, p = 0,000), dengan R² = 0,644, yang berarti 64,4% variasi niat penggunaan dapat dijelaskan oleh ketiga motif tersebut. Mahasiswa menggunakan TikTok terutama untuk hiburan, tetapi juga sebagai sumber informasi dan interaksi sosial, sehingga literasi digital perlu ditingkatkan agar konsumsi konten lebih selektif.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Pardede, A. M., Maulani, I. I., Masrofah, M., & Fuady, I. (2025). Pengaruh Motif Hiburan, Pencarian Informasi, dan Pemeliharaan Hubungan terhadap Niat Mahasiswa Menggunakan TikTok. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 82–93. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.656