Pengaruh Motif Hiburan, Pencarian Informasi, dan Pemeliharaan Hubungan terhadap Niat Mahasiswa Menggunakan TikTok
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.656Keywords:
TikTok, Uses and Gratifications, Mahasiswa, Motif Penggunaan, Niat Menggunakan Media SosialAbstract
TikTok menjadi platform media sosial populer di kalangan Generasi Z, termasuk mahasiswa yang memiliki waktu lebih fleksibel untuk mengaksesnya. Deriyanto & Qorib (2018) menemukan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap TikTok karena dapat memperluas jejaring sosial, memberikan hiburan, dan menyajikan informasi. Melalui pendekatan kuantitatif dengan dan metode survey, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari ketiga persepsi positif mahasiswa, yakni hiburan, pencarian informasi, dan pemeliharaan hubungan. terhadap niat menggunakan TikTok. Sampel dari penelitian ini adalah 385 mahasiswa di Pulau Jawa. Hasil penelitian dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Hasil menunjukkan motif hiburan memiliki pengaruh paling dominan (?=0,598, p=0,000), diikuti pencarian informasi (?=0,173, p=0,000) dan pemeliharaan hubungan (? = 0,204, p = 0,000), dengan R² = 0,644, yang berarti 64,4% variasi niat penggunaan dapat dijelaskan oleh ketiga motif tersebut. Mahasiswa menggunakan TikTok terutama untuk hiburan, tetapi juga sebagai sumber informasi dan interaksi sosial, sehingga literasi digital perlu ditingkatkan agar konsumsi konten lebih selektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angelica Margaretha Pardede, Ima Ismatul Maulani, Masya Masrofah, Ikhsan Fuady

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.