Pengaruh Motif Hiburan, Pencarian Informasi, dan Pemeliharaan Hubungan terhadap Niat Mahasiswa Menggunakan TikTok

Authors

  • Angelica Margaretha Pardede Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia, Indonesia
  • Ima Ismatul Maulani Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia, Indonesia
  • Masya Masrofah Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia, Indonesia
  • Ikhsan Fuady Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.656

Keywords:

Mahasiswa, Motif Penggunaan, Niat Menggunakan Media Sosial, Tiktok

Abstract

TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer di kalangan mahasiswa Generasi Z yang memiliki waktu fleksibel dalam menggunakan platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motif hiburan, pencarian informasi, dan pemeliharaan hubungan terhadap niat mahasiswa dalam menggunakan TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 385 responden mahasiswa di Pulau Jawa. Data dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga motif berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan TikTok. Motif hiburan merupakan faktor paling dominan (? = 0,598; p < 0,001), diikuti oleh motif pemeliharaan hubungan (? = 0,204; p < 0,001), dan pencarian informasi (? = 0,173; p < 0,001). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,644 menunjukkan bahwa ketiga motif tersebut mampu menjelaskan 64,4% variasi niat penggunaan TikTok. Hasil ini mengindikasikan bahwa mahasiswa menggunakan TikTok bukan hanya untuk hiburan, tetapi juga sebagai sarana pencarian informasi dan menjalin hubungan sosial. Oleh karena itu, peningkatan literasi digital penting untuk mendorong konsumsi konten yang lebih kritis dan selektif.

References

Ai-Lim Lee, E., Wong, K. W., & Fung, C. C. (2010). How does desktop virtual reality enhance learning outcomes? A structural equation modeling approach. Computers and Education, 55(4), 1424–1442. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.06.006

Badan Pusat Statistik. (2024a). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2022-2024. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/2/MTk3NSMy/Jumlah-Penduduk-Pertengahan-Tahun--Ribu-Jiwa-.Html.

Badan Pusat Statistik. (2024b, February). Jumlah Perguruan Tinggi, Tenaga Pendidik, dan Mahasiswa (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Agama Menurut Provinsi, 2023. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/3/ZG5GNFRUZHdiRWN3YlRGSGF6QXdaVXRPTVZSQlFUMDkjMw==/Jumlah-Perguruan-Tinggi--Tenaga-Pendidik--Dan-Mahasiswa--Negeri-Dan-Swasta--Di-Bawah-Kementerian-Agama-Menurut-Provinsi--2023.Html?Year=2023.

DataReportal, We Are Social, & Meltwalter. (25 C.E.). Number of active social media users in the Asia-Pacific region as of February 2025, by country or territory (in millions).

DataReportal, We Are Social, & Meltwater. (2025). Countries with the largest TikTok audience as of February 2025 (in millions).

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK. JISIP, 7(2), 77. www.publikasi.unitri.ac.id

Dunne, Á., Lawlor, M. A., & Rowley, J. (2010). Young people’s use of online social networking sites - a uses and gratifications perspective. Journal of Research in Interactive Marketing, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.1108/17505931011033551

Hasny, F. A., Renadia, S. H., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Konsep Diri para Pengguna TikTok dalam Memenuhi Social Needs pada Uses and Gratification Theory. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(2), 114–127. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.1671

Kim, A., McInerney, P., Smith, T. R., & Yamakawa, N. (2020). What makes Asia?Pacific’s Generation Z different? Https://Www.Mckinsey.Com/Capabilities/Growth-Marketing-and-Sales/Our-Insights/What-Makes-Asia-Pacifics-Generation-z-Different.

Ko, H., Cho, C. H., & Roberts, M. S. (2005). Internet uses and gratifications: A structural equation model of interactive advertising. Journal of Advertising, 34(2), 57–70. https://doi.org/10.1080/00913367.2005.10639191

Lee, C. S., & Ma, L. (2012). News sharing in social media: The effect of gratifications and prior experience. Computers in Human Behavior, 28(2), 331–339. https://doi.org/10.1016/j.chb.2011.10.002

Leung, D., Law, R., van Hoof, H., & Buhalis, D. (2013). Social Media in Tourism and Hospitality: A Literature Review. Journal of Travel and Tourism Marketing, 30(1–2), 3–22. https://doi.org/10.1080/10548408.2013.750919

Lin, C., Salwen, M. B., & Abdulla, R. A. (2005). Online News and the Public (M. B. Salwen, B. Garrison, & P. D. Driscoll, Eds.). Lawrence Erlbaum.

Luo, X. (2002). Uses and Gratifications Theory and E-Consumer Behaviors. Journal of Interactive Advertising, 2(2), 34–41. https://doi.org/10.1080/15252019.2002.10722060

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Myers, S., Martin, M., & Mottet, T. (2002). Students’ motives for communicating with their instructors: Considering instructor socio-communicative style student socio-communicative orientation, and student gender. Communication Education, 51(2), 121–133. https://doi.org/10.1080/03634520216511

Nathalia, T., & Kristiana, Y. (2019). The Source Credibility in Social Media. ICEMAB. https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2018.2289253

Park, N., Kee, K. F., & Valenzuela, S. N. (2009). Being Immersed in Social Networking Environment: Facebook Groups, Uses and Gratifications, and Social Outcomes. CyberPsychology & Behavior, 12(6). www.liebertpub.com

Sheikh, I., Ahmed, Y., & Dhaha, Y. (2013). Facebook usage among Somali Youth: A test of Uses and Gratifications Approach. In International Journal of Humanities and Social Science (Vol. 3, Issue 3). www.ijhssnet.com

Xiang, Z., Wang, D., O’Leary, J. T., & Fesenmaier, D. R. (2015). Adapting to the Internet: Trends in Travelers’ Use of the Web for Trip Planning. Journal of Travel Research, 54(4), 511–527. https://doi.org/10.1177/0047287514522883

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Pardede, A. M., Maulani, I. I., Masrofah, M., & Fuady, I. (2025). Pengaruh Motif Hiburan, Pencarian Informasi, dan Pemeliharaan Hubungan terhadap Niat Mahasiswa Menggunakan TikTok. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.656

Citation Check

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.