Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Wujud Kepedulian Sosial Perusahaan PT. Suryanusa Nadicipta pada Masyarakat Desa Pasir Datar Kab. Sukabumi

Authors

  • Herlina Siregar Jurusan Pendidikan Nonformal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Fitri Pertiwi Jurusan Pendidikan Nonformal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.675

Keywords:

Kepedulian Sosial, Perusahaan, Program Corporate Social Responsibility

Abstract

Kepedulian sosial melalui program CSR berfungsi sebagai investasi jangka panjang untuk meningkatkan citra perusahaan dan memastikan keberlangsungan dalam masyarakat. Namun, sengketa tanah telah menimbulkan ketegangan antara hubungan masyarakat, dipicu oleh kekhawatiran warga setempat tentang keamanan kerja akibat potensi alih fungsi lahan untuk agrowisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis program CSR sebagai wujud kepedulian sosial perusahaan PT. Suryanusa Nadicipta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung dengan informan, yaitu staf perusahaan, tokoh masyarakat, dan penerima manfaat. Hasil menunjukkan bahwa program CSR, khususnya melalui strategi dukungan emosional seperti prinsip 3S (sapa, senyum, dan salam), mendorong kohesi sosial, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat kepercayaan, membentuk hubungan simbiosis antara perusahaan dan masyarakat, sekaligus menekankan perlunya keterlibatan keberlanjutan untuk memastikan dampak jangka panjang. Selain itu, dukungan penghargaan dan informasi terkait kesempatan kerja meningkatkan partisipasi masyarakat. Temuan penelitian menekankan pentingnya pendekatan humanistik dalam CSR, yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan psikologis dan emosional masyarakat, tetapi juga memperkuat ikatan sosial.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Cantika, S. A., Siregar, H., & Fikri, A. N. (2024). INVESTASI SOSIAL: STRATEGI CSR DI BIDANG PENGEMBANGAN MASYARAKAT OLEH PT. PLN INDONESIA POWER CILEGON PGU. Media Mahardhika, 22(2), 243–252.

Chernev, A., & Blair, S. (2015). Doing well by doing good: The benevolent halo of corporate social responsibility. Journal of Consumer Research, 41(6), 1412–1425. https://doi.org/10.1086/680089

Chung, C. Y., Jung, S., & Young, J. (2018). Do CSR activities increase firm value? Evidence from the Korean market. Sustainability (Switzerland), 10(9). https://doi.org/10.3390/su10093164

Duarte, F. (2010). Working with Corporate Social Responsibility in Brazilian Companies: The Role of Managers’ Values in the Maintenance of CSR Cultures. Journal of Business Ethics, 96(3), 355–368. https://doi.org/10.1007/s10551-010-0470-9

Gunawan, V. O., & Paramitha, M. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Komite Audit sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2019-2021). Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 8(1), 89–98.

Handayani, S., & Susanti, D. (2022). ANALISIS PSIKOLOGIS MASYARAKAT BERDASARKAN HOSPITAL ANXIETY AND DEPRESSION SCALE (HADS) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA PULO KEMIRI KECAMATAN BABUSSALAM KABUPATEN ACEH TENGGARA. 3(1).

Harahap, M. A. K., Azis, A. A., & Choerudin, A. (2023). Pengembangan Keterampilan Kerja dan Peluang Kerja bagi Masyarakat Terpinggirkan. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 184–194. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1.i03

Herman, K., & Badrunsyah. (2024). Legal Obligations of Mining Companies in the Implementation of CSR Based on Laws and Regulations. Indonesian Journal of Social Technology, 5(10), 3915–3924. http://jist.publikasiindonesia.id/

Hogan, A., Tanton, R., Lockie, S., & May, S. (2013). Focusing resource allocation-wellbeing as a tool for prioritizing interventions for communities at risk. International Journal of Environmental Research and Public Health, 10(8), 3435–3452. https://doi.org/10.3390/ijerph10083435

Irawan, S. A., Gitosaputro, S., Rangga, K. K., Hasanuddin, T., & Syarif, Y. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Implementasi CSR sebagai Upaya PenyelesaianTerjadinya Konflik antara Masyarakat dengan Perusahaan. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(01), 8–22. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i01

Jamhari, T., & Khotimah, N. (2022). Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM): Konsep dan Implementasi. Jurnal Ketenagakerjaan, 17(3), 268–284. https://doi.org/10.47198/naker.v17i3.133

Junaidi, A. A. (2023). Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) and Mub?dalah Approach in Interpreting the Gender Biased-Qur’anic Verses. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 18(1), 1–24. https://doi.org/10.21580/sa.v18i1.17269

Kaharuddin, K. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial dan Kematangan Emosi Terhadap Kepedulian Sosial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4), 479–485.

Lee, V., & Ie, M. (2024). Peran Efikasi Diri dan Kompetensi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan. 4(6), 1102–1116.

Mashudi, Fauziah, L., & Kurniawati, N. I. (2023). Essential Integration of eHRM 4.0 Approach, IT Infrastructure and CEO Support to Support Supply Chain Performance in Small-Scale Logistics Companies. EAI Endorsed Transactions on Scalable Information Systems, 10(6). https://doi.org/10.4108/eetsis.4040

Muharram, M. A. (2020). Analisis Hubungan Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri di PT. Pertamina (Persero) DPPU Juanda Sidoarjo. Journal of Health Science and Prevention, 4(2), 111–124. https://doi.org/10.29080/jhsp.v4i2.410

Nugroho, D. R., Vitayala Hubeis, A. S., Saleh, A., & Priatna, W. B. (2018). MEMBANGUN MODEL KOMUNIKASI PROGRAM TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN UNTUK KEBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR (Studi Kasus Desa Lulut, Kabupaten Bogor) 1. Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 20(1), 70.

Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Fungsi Corporate social responsibility (CSR) Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Share?: Social Work Journal, 8(2), 203. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081

Rifqoh, F., Moh. Farozin, & Astuti, B. (2024). Peer Support in Forming Self Esteem in the Millennial Era. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.106

Russo, A., Lewis, B., Joyce, A., Crockett, B., & Luchters, S. (2015). A qualitative exploration of the emotional wellbeing and support needs of new mothers from Afghanistan living in Melbourne, Australia. BMC Pregnancy and Childbirth, 15(1). https://doi.org/10.1186/s12884-015-0631-z

Vegawati, S. M., Kumadji, S., & Fanani, D. (2015). PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Survey Pada Warga di Desa Sidodadi Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 20(1).

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Siregar, H., & Pertiwi, F. (2025). Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Wujud Kepedulian Sosial Perusahaan PT. Suryanusa Nadicipta pada Masyarakat Desa Pasir Datar Kab. Sukabumi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(2), 113–122. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i2.675

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.