Akidah Akhlak

Karakteristik dan Pembelajarannya

Authors

  • Fahmie Ahmad Syakir Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Fariz Rizki Ramdhani Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Darmansyah Berutu Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia
  • Hera Purwanti Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.735

Keywords:

Akidah, AKhlak, Pendidikan Islam, Karakter, Nilai Moral

Abstract

Mata kuliah Akidah Akhlak merupakan pilar fundamental dalam membentuk keimanan dan perilaku sehari-hari seorang Muslim. Tanpa Akidah yang kuat dan Akhlak yang baik, pendidikan Islam akan kehilangan esensinya. Mata kuliah ini menghubungkan ilmu agama dengan kehidupan praktis yang mencerminkan nilai-nilai Islam. Akidah Akhlak memiliki karakteristik holistik, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pengajaran Akidah Akhlak disampaikan secara bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan, dimulai dengan pengenalan rukun iman dan etika dasar pada jenjang sekolah dasar (SD/MI), pembelajaran yang lebih mendalam pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP/MTs), dan konsep lanjutan seperti Ilmu Kalam pada jenjang sekolah menengah atas (SMA/MA). Integrasi Akidah dan Akhlak sangat penting untuk menjaga kesinambungan nilai-nilai spiritual dan moral dalam menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yang melibatkan pengumpulan data dari sumber-sumber seperti teks dan gambar. Kesimpulannya, Akidah dan Akhlak dalam pendidikan Islam saling berkaitan erat, dengan tujuan membentuk pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia

References

Al-Bahitsin, M. min. (2021). Mausu’ah al-Akhlaq al-Islamiyyah (S. ‘Alwi bin A. al-Q. (Supervisor) (ed.)).

al-Hamdi, M. bin I. (n.d.). Rasail Syaikh al-Hamdi fi al-’Aqidah. Maktabah Syamilah.

Ambarsari, D., & Darmiyati, A. (2022). Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam memebentuk karakter siswa di MI. Tarbiyatussibyan telukjambe timur karawang. Jurnal Education and development, 10(1), 371–378.

Ash-Shiddieqy, H. (n.d.). Al-Islam. Dar Ihya’ al-Kutub al-Islamiyah.

Himawan, P. E., & Nugraha, R. (2025). Implementasi Kurikulum KH. E. Abdurrahman dalam Mencetak Santri Tafaqquh Fiddin di Pesantren Persatuan Islam Cinaya-Purwakarta. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(6), 1515–1528.

Naufal, M. (2017). Konsep Pendidikan Aqidah Perspektif Syaikh Shalih Fauzan Al Fauzan. UIN Raden Intan Lampung.

Nugraha, R., Basrawi, J. B., & Alijaya, A. A. (2024). Strengthening Character Through Comparative Rhetoric and Istifham: A Study on E. Abdurrahman’s Thoughts on Character Education. Khazanah Pendidikan Islam, 6(1), 41–56.

Rizki, F. R. R. F., Fathurahman, M. I., Suhada, A. N., & Nugraha, R. (2025). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam bela diri Lanah Shurulkhan Persatuan Islam. AL-IBANAH, 10(1), 16–27.

Sandres, A., Nabila, P., Juliansyah, D., & Noviani, D. (2023). Hubungan Antara Akidah Dan Akhlak Dalam Islam. Social, Educational, Learning and Language (SELL), 1(2), 233–238.

Saribun. (2024). Peran Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(4), 311–322. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i4.486

Sumanto, E., Noviani, D., & Ramona, P. D. (2024). Konsep Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Generasi Muda. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 7834–7842.

Supiani, A., & Barni, M. (2024). Analisis Karakteristik Materi PAI Bidang Akidah Akhlak di Berbagai Jenjang Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3).

Syakir, F. A., & Nugraha, R. (2025). Peningkatan Kompetensi Dirasah Islamiyah Santri Melalui Program Tajhiziyyah di Pesantren Persatuan Islam 84 Ciganitri. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(6), 1576–1585.

Ushul ad-Da’wah. (n.d.). In Manahij Jami’ah al-Madinah al-’Amaliyyah.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Syakir, F. A., Ramdhani, F. R., Berutu, D., & Purwanti, H. (2025). Akidah Akhlak: Karakteristik dan Pembelajarannya. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 1003–1007. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.735

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.