Kinerja Dosen Berbasis Aplikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako

Authors

  • Fidrawati Fidrawati Program Studi Magister Administrasi Publik, Universitas Tadulako, Indonesia, Indonesia
  • Suasa Suasa Program Studi Magister Administrasi Publik, Universitas Tadulako, Indonesia, Indonesia
  • Ani Susanti

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.739

Keywords:

Kinerja Dosen, Laporan Kinerja, Aplikasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dosen terhadap laporan kinerja berbasis aplikasi di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara terencana tidak terstruktur, observasi tidak terstruktur, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara interaktif, meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Proses analisis berlangsung selama pengumpulan data dan berfokus pada interpretasi hasil wawancara serta pengamatan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen mengalami kesulitan dalam mengisi laporan kinerja berbasis aplikasi, terutama bagi dosen yang belum tersertifikasi dan dosen senior yang kurang familiar dengan teknologi. Selain itu, terdapat masalah dalam pemenuhan administrasi yang diperlukan untuk pelaporan, serta kesalahan dalam penempatan kegiatan pada tridarma. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja dosen dalam pelaporan kinerja berbasis aplikasi, diperlukan pelatihan yang lebih intensif dan dukungan dari pimpinan fakultas. Hal ini penting agar dosen dapat memahami dan menguasai aplikasi pelaporan kinerja dengan baik, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas dan kualitas kinerja mereka.

References

Dwiyanto, A. (1995). Penilaian kinerja organisasi pelayanan publik. Yogyakarta: Fisipol UGM.

Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Ugm Press.

Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Laksmi, R. A. (2011). Budaya Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahsun, M. (2006). Pengukuran kinerja sektor publik. Yogyakarta: Bpfe.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.

Nawawi, H. (2021). Organisasi sekolah dan pengelolaan kelas sebagai lembaga pendidikan.

Nurdin. (2002). Persepsi Beban Kerja Dosen dalam Paradigma Psikologi. Penerbit ABC.

Prawirosentono, S. (2008). Aspek-Aspek Kinerja dalam Organisasi. Penerbit ABC.

Rivai, V. (2016). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan.

Robert, M. (n.d.). L dan Jackson, John H, 2002. Management Resosuse: Manajeme Sumber Daya Manusia.

Sastrohadiwiryo, B. S. (2002). Manajemen tenaga kerja Indonesia: Pendekatan administratif dan operasional. Bumi aksara.

Simamora, R., & Zheng, R. (2019). Pengaruh lingkungan kerja, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan STMIK Time Medan. Jurnal Ilmiah SMART, 3(2), 96–107.

Soekidjo Notoatmodjo. (2024). Pengembangan sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Penerbit Rineka Cipta.

Widodo, S. (2008). Kinerja dan Produktivitas Karyawan. Penerbit Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Fidrawati, F., Suasa, S., & Susanti, A. (2025). Kinerja Dosen Berbasis Aplikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 711–723. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.739

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.