Pengaruh Pendekatan Open Ended berbasis Productive Struggle terhadap Literasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.768Keywords:
Open Ended, Productive Struggle, Literasi Matematis, Sekolah Dasar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open ended berbasis productive struggle terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas IV sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan literasi matematis siswa, yang disebabkan oleh pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam memahami konsep dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV di salah satu SD negeri di Kota Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian literasi matematis dengan empat soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 28,09 pada pretest menjadi 70,87 pada posttest. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan open ended berbasis productive struggle terhadap kemampuan literasi matematis siswa.
Kata kunci: open ended, productive struggle, literasi matematis, sekolah dasar, pembelajaran matematika
References
Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743
Arifatunnisak, A., & Susilo, B. E. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 213–229. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10552
Buyung, & Sumarli. (2021). 2722-10633-1-Pb. Variabel, 4(2), 61–66.
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119
Junedi, B., Budi Waluya, S., & Wardono. (2024). The Programme for International Student Assessment: Tinjauan Literasi Matematika dan Implementasi Pada Pembelajaran Matematika di Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 834–840.
Kume, L. F., Najoan, R. A. O., & Kumolontang, D. F. (2023). Penerapan Model pembelajaran Open Ended untuk meningkatkan hasil belajar operasi perkalian siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1402–1413. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5211
Lindawati, S. (2018). Literasi Matematika Dalam Proses Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.18
Muharram, M. R. W., & Widani. (2021). Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Productive Struggle Sebagai Solusi Pembelajaran Selama Pandemi. Journal of Elementary Education, 04(02), 266–277.
Poernomo, E., Kurniawati, L., Siti, K., & Atiqoh, N. (2021). Studi literasi matematis. 3(1), 83–100.
Purnama, M. I., Fisher, D., Subaryo, & Anggiana, A. D. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP Melalui Model Problem Based Learning dengan Teknik MURDER. SYMMETRY: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 08(01), 146–156. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8252
Sadewo, D. S. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.
Satrian, A., & Budi, K. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SD Negeri Sidorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 58–66.
Setiani, N., Wakinah, W., Nurazizah, S., & Andriani, E. (2024). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(8), 634–638. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i8.225
Silvia, A. L., Mufliva, R., Nurjannah, A., & Cahyaningsih, A. T. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan LKPD Berbantuan Media Kantong Perkalian Matematika. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 352. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.71822
Subaryo, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Menengah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.4960
Upit Yulianti, J. Julia, M. F. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Wandini, R. R., Sari, P. Z., Harahap, E. Y., Ramadani, R., & Adila, N. A. (2023). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika di SDN 34 Batang Nadenggan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 384–391. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.143
Wijaya, A. J., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Genta Mulia : Jurnal Pendidikan Ilmiah, XI(2), 86–95.
Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of Learning Mathematics in Elementari Schools. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277.
Zahrah, M. (2024). Penelitian Literasi Matematis di Sekolah: Pengertian dan Kesulitan-Kesulitan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Risman Abdul Hakim, Muhammad Rijal Wahid Muharram, Muharram

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.