Cognitive Behavioral Group Therapy untuk Menurunkan Gejala Kecemasan Sosial (Performance only) pada Remaja

Authors

  • Azizah Ayu Septiani Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Ilham Nur Alfian Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.784

Keywords:

Cognitive Behavioral Group Therapy (CBGT), Kecemasan sosial (performance only), Remaja

Abstract

Remaja yang merupakan masa transisi individu, memiliki karakteristik sangat mengedepankan penilaian sekitarnya. Di lain sisi, banyak kewajiban atau aktivitas yang mengharuskan remaja untuk menampilkan diri di depan banyak orang. Ketakutan akan penilaian orang lain secara berlebihan dapat memicu kecemasan sosial terkhusus tipe performance only. Kecemasan sosial tipe performance only ini ditandai dengan adanya ketakutan yang intens terhadap evaluasi negatif ketika menampilkan diri dan berpotensi menghambat prestasi akademik dan partisipasi sosial. Penelitian ini merupakan studi kasus yang melibatkan empat klien dengan pengukuran kecemasan menggunakan Depression, Anxiety, Stress Scale – Youth (DASS-Y) dan Liebowitz Social Anxiety Scale (LSAS) pada sebelum dan sesudah intervensi. Intervensi dalam penelitian ini menggunakan Cognitive Behavioral Group Therapy (CBGT) untuk menurunkan kecemasan sosial tipe performance only pada remaja. Studi ini Hasil menunjukkan adanya penurunan skor kecemasan sosial pada keempat klien setelah diberikan perlakuan intervensi CBGT. Terdapat perubahan yang signifikan dalam aspek kognitif dan perilaku yang mendukung pengelolaan kecemasan partisipan ketika tampil di depan umum

References

Alderman, E. M., & Breuner, C. C. (2019). Unique needs of the adolescent. Pediatrics, 144(6). https://doi.org/10.1542/peds.2019-3150

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders : DSM-5. American Psychiatric Association.

Blakemore, S. J. (2019). Adolescence and mental health. The Lancet, 393(10185), 2030–2031. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(19)31013-X

Courtney, D. B., Watson, P., Chan, B. W. C., Bennett, K., Krause, K. R., Offringa, M., Butcher, N. J., Monga, S., Neprily, K., Zentner, T., Rodak, T., & Szatmari, P. (2021). Forks in the road: Definitions of response, remission, recovery, and other dichotomized outcomes in randomized controlled trials for adolescent depression. A scoping review. In Depression and Anxiety (Vol. 38, Issue 11, pp. 1152–1168). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1002/da.23200

Farisandy, E. D., & Surjaningrum, E. R. (2021). Efektivitas Logoterapi dalam Meningkatkan Konsep Diri Remaja di Panti Sosial. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), 24. https://doi.org/10.22146/gamajpp.60551

Félix, A., Ferreira, A., & Vagos, P. (2022). Can cognitive restructuring serve as a brief stand-alone treatment for social anxiety disorder in adolescence? An exploratory clinical trial. PSICOLOGIA, 36(2), 99–107. https://doi.org/10.17575/psicologia.1788

Gren-Landell, M., Aho, N., Andersson, G., & Svedin, C. G. (2011). Social anxiety disorder and victimization in a community sample of adolescents. Journal of Adolescence, 34(3), 569–577. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2010.03.007

Hamama, S., & Kusumaningratri, R. (2023). Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Publik dalam Public Speaking dari Sisi Psikologis dan Praktis. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 76–83. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar

Herlambang, R. S. (2023). Reducing Anxiety in Bullied Teens. Collabryzk Journal for Scientific Studies, 2(1), 12–2.

Hofmann, S. G., & Smits, J. A. J. (n.d.). COGNITIVE-BEHAVIORAL THERAPY FOR ADULT ANXIETY DISORDERS: A META-ANALYSIS OF RANDOMIZED PLACEBO-CONTROLLED TRIALS.

Karrouri, R., Hammani, Z., Otheman, Y., & Benjelloun, R. (2021). Major depressive disorder: Validated treatments and future challenges. World Journal of Clinical Cases, 9(31), 9350–9367. https://doi.org/10.12998/wjcc.v9.i31.9350

Maharani Ahmad, S., Suci Audia, N., Mauluddina Meilisa, K., Pratiwi, K., & Habibah, B. (2024). Cognitive Behavioral Therapy and Reducing Social Anxiety in College Student (Vol. 3). http://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/index

Morina, N., Seidemann, J., Andor, T., Sondern, L., Bürkner, P. C., Drenckhan, I., & Buhlmann, U. (2023). The effectiveness of cognitive behavioural therapy for social anxiety disorder in routine clinical practice. Clinical Psychology and Psychotherapy, 30(2), 335–343. https://doi.org/10.1002/cpp.2799

Palaniswamy, U., & Ilango, P. (2022). Social Changes during Adolescent Development. International Journal of Applied Management Research, 5(Special Issue), 1–8.

Rahmadiani, N. D. (2020). Cognitive Behavior Therapy dalam menangani kecemasan sosial pada remaja. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.22219/procedia.v4i1.11961

Rapee, R. M., & Spence, S. H. (2004). The etiology of social phobia: Empirical evidence and an initial model. Clinical Psychology Review, 24(7), 737–767. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2004.06.004

Samad, S., & Suardi. (2020). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Santrock, J. W. (2007). Adolescence. McGraw-Hill.

Santrock, John. W. (2013). Life-Span Development. McGraw-Hill.

Seligman, L. D., & Ollendick, T. H. (2011). Cognitive-Behavioral Therapy for Anxiety Disorders in Youth. In Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America (Vol. 20, Issue 2, pp. 217–238). https://doi.org/10.1016/j.chc.2011.01.003

Stein, M. B., & Stein, D. J. (2008). Social anxiety disorder. In The Lancet (Vol. 371, Issue 9618, pp. 1115–1125). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(08)60488-2

Stentz, L. A., & Cougle, J. R. (2022). Effects of safety behavior fading on social anxiety and emotional disclosure. Behaviour Research and Therapy, 157. https://doi.org/10.1016/j.brat.2022.104165

Winding, T. N., Skouenborg, L. A., Mortensen, V. L., & Andersen, J. H. (2020). Is bullying in adolescence associated with the development of depressive symptoms in adulthood?: A longitudinal cohort study. BMC Psychology, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s40359-020-00491-5

Yalom, I. D. ., & Leszcz, Molyn. (2021). The theory and practice of group psychotherapy. Basic Books.

Downloads

Published

2025-10-04

How to Cite

Septiani, A. A., & Alfian, I. N. (2025). Cognitive Behavioral Group Therapy untuk Menurunkan Gejala Kecemasan Sosial (Performance only) pada Remaja. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 1114–1121. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.784

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.