Peningkatan Keterampilan Menyimak Konsentrasi Melalui Guided Listening Materi Teks Ekplanasi di Kelas VI

Authors

  • Evi Juliyani Esa Putri H Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rahman Rahman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ahmad Wahid Fudhaily Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Fajriani Ulfa Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i6.129

Keywords:

Guided Listening, Teks Eksplanasi, Kemampuan Menyimak Konsentrasi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih lemahnya keterampilan menyimak konsentrasi siswa pada materi teks eksplanasi. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak konsentrasi pada materi teks eksplanasi dapat menerapkan pembelajaran dengan Model Guided Listening. Model guided listening adalah cara untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan memanfaatkan metakognitif siswa. Sekaitan dengan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VI dalam menyimak konsentrasi setelah menggunakan model guided listening. Tahapan pada model guided listening yaitu (1) tahap prasimak (2) tahap menyimak (3) tahap pascasimak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes, lembar observasi dan lembar pengamatan. Data yang diolah adalah skor tes kemampuan menyimak konsentrasi sesudah menggunakan model guided listening. Adapun yang menjadi respondennya adalah 24 orang siswa kelas VI (enam) SD Negeri Mega Eltra Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Treatment dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan pada siklus 1 nilai rata-rata adalah 60,83 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebesar 61%. Sedangkan untuk nilai rata-rata siklus II adalah 89,17 dengan presentase 95,83%. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 28,34 dan peningkatan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dari siklus I ke siklus II sebesar 34,83%

Published

2021-01-24

How to Cite

Esa Putri H, E. J., Rahman, R., Fudhaily, A. W., & Firdaus, F. U. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Konsentrasi Melalui Guided Listening Materi Teks Ekplanasi di Kelas VI. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(6), 380–388. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i6.129

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.