Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis ICT di Madrasah Aliyah Baabussalaam Kota Bandung

Authors

  • Dita Handayani Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Badriah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.137

Keywords:

Sistem Informasi, Manajemen Pendidikan, ICT

Abstract

Sistem informasi manajemen dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang diciptakan untuk melaksanakan pengolahan data yang dapat dimanafaatkan sebagai penunjang pada tugas-tugas rutin, evaluasi, dan pengambilan keputusan untuk memudahkan pengelolaan baik di lembaga pendidikan ataupun lainnya. Saat ini sistem informasi manajemen pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga dikembangkan dengan system berbasis Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana lembaga-lembaga Pendidikan dapat mengelola sistem informasi berbasis ICT untuk kebutuhan Pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem informasi manajemen di MA Baabussalaam Bandung mulai menunjukan sistem informasi berbasis ICT untuk beberapa bagian dari komponen Pendidikan dan pembelajaran, dan harus dikembangkan lebih jauh lagi. Dalam pembelajaran guru harus lebih kreatif dan inovatif menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis ICT.

Published

2022-01-20