Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja

Authors

  • Lisaman Harefa Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Sendratari Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Alif Alfi Syahrin Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.643

Keywords:

Broken Home, Implementasi Pendidikan Karakter, Mata Pelajaran Sosiologi, Pembelajaran Sosiologi, Strategi Pendidikan Karakter

Abstract

Degradasi karakter yang dialami peserta didik menjadi permasalahan saat ini. Berbagai macam faktor seperti dampak dari broken home yang mengakibatkan pendidikan karakter menjadi tidak maksimal didapatkan di lingkungan keluarga. Sehingga, sekolah memiliki peran dalam menerapkan strategi dan implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik. Tujuan penelitian yaitu mengeksplorasi strategi pendidikan karakter yang dilakukan oleh SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja serta implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi. Penelitian ini metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karater yang diterapkan di sekolah seperti penerapan kurikulum ISMUBA, program pembiasan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan kegiatan ekstrakulikuler serta home visit. Selanjutnya implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi dengan menerapkan pendekatan humanis, keteladanan dan meintegrasikan pada materi ajar. Kesimpulannya strategi pendidikan karakter di sekolah dapat ditunjang dengan implementasi pendidikan karakter melalui berbagai macam pembelajaran salah satunya pembelajaran sosiologi.

References

Agus, A. (2020). Tinjauan Tentang Penyebab Kenakalan Remaja. Jurnal Hukum Tri Pantang, 6(2), 1–10.

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral Education & Character Education: Their Relationship and Roles in Citizenship Education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518.

Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029

Anshory, M. I., & Agustina, A. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (Ipm) Di SMK Muhammadiyah Karanganyar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4, 207–218.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Asiva Noor Rachmayani. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Bandura, A. (1971). Social Learning Theory. General Learning Press.

Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1521–1534. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269

Budiatmaja, R. (2021). Perilaku Moral Dan Pendidikan Karakter Pada Keluarga Broken Home Terhadap Kenakalan Remaja Di Wilayah Jakarta Barat. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 124. https://doi.org/10.25278/jitpk.v2i2.618

Damayanti, P. (2024). Empowering Moral Values: The Role of Pencak Silat Tapak Suci in Moral Internalization through Extracurricular Activities. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 5(2), 65–71. https://doi.org/10.37251/jpaii.v5i2.995

Fauzi, H. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. 2(April), 60–77.

Holisah, H. (2022). Implementasi Pendekatan Humanis dalam meningkatkan Self Confident Pada Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 1440–1448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2135

Irfan. (2019). Peran Keteladanan Guru Sosiologi Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di SMAN 1 Sape. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 3(1), 8–16.

Jumardi, S. M. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Peserta didik Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sosiologi Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2).

Kobatubun, S. M. (2023). Pembelajaran Sosiologi Mengembangkan Karakter Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10(2018), 1–5. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.675

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Lestari, A., Wijayanto, F., Susilawati, E., Amanda, J. V, & Kamaludin, M. I. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sosiologi di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertingal (3T). Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 124–133.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Mirsya, M. A., Sumardi, L., Kurniawansyah, E., & Simaremare, T. P. (2024). Implementasi Program Home Visit Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 6 Taliwang. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(4), 841–845. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.464

Mundofi, A. A. (2024). Pengembangan kurikulum Ismuba dalam meningkatkan kualitas pendidikan muhammadiyah. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 4(1), 65–75. https://doi.org/10.18196/jasika.v4i1.114

Nurdahlia, N., Waluyati, I., & Arifuddin, A. (2023). Strategi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sosiologi Di SMAN 3 Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 743–748.

Nurdin, Khairunnisa, H., & Adrian, F. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Pedagogi Humanis di Era Digital. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10). https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Nurussobah, S. F. (2024). Implementasi Bimbingan Sosial Terhadap Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Sentra Handayani Jakarta Timur. 1–10.

Oe, M. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sosiologi. PENSOS?: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 2(1), 83–94. https://doi.org/10.59098/pensos.v2i1.1534

Parsons, T. (1991). The Social System. Routledge.

Purwanto, E. S. (2021). Strategi pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 1–139.

Putri, N. A. (2011). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi. Komunitas, 3(2), 205–215. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas

Putri, R. W. K., & Suyitno, S. (2023). Strengthening the Pancasila Student Profile Through Hizbul Wathan Extracurricular Activities. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 13(2), 120–131. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v13i2.9383

Rudiyanto, M., & & Kasanova, R. (2023). Pembentukan Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 233–247. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1119

Shalahuddin, M., Tansah, L., Hasanah, A., Arifin, B. S., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Teori, L., & Karakter, P. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. 3(1), 44–53.

Siska, Y. (2016). Implementasi Pedagogik Humanistik Dalam Pembelajaran Moral Dan Budi Bekerti Di Sekolah Dasar Sebagai Penangkal Fenomena Lgbt (Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3.

Suarmini, N. L., Sendratari, L. P., & Maryati, T. (2019). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter pada Anak-Anak Panti Asuhan Narayan Seva, Kerobokan, Buleleng, Bali dalam Membangun Integrasi Sosial Di kalangan Penghuni Panti Asuhan. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(1), 112–125.

Syahrin, A. A. (2023). Pembelajaran Sosiologi Abad 21: Urgensi Asesmen Autentik bagi Peserta Didik. FOUNDASIA, 14(2), 52–69. https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.65104

Syahrin, A. A., Idris, M., & Achmad, A. S. (2023). Pembelajaran Sosiologi Berlandaskan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik. 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, 5(1), 91–98.

Yulianti, L., & Nora, D. (2022). Strategi Mengatasi Perilaku Indisipner Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 237–245. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i3.160

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Harefa, L., Sendratari, L. P., & Syahrin, A. A. (2025). Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 50–63. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.643