Implementasi Teori Sibernetik pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Erlita Octiana Nur’alimah MA YPI Cikujang Pacet, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i1.146

Keywords:

Teori Sibernetik, Pembelajaran Jarak Jauh, Produk, Science Technology Engineering and Math (STEM)

Abstract

Dampak penyebaran virus corona mengakibatkan lembaga pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan platform berbasis internet. Teori yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh yang sangat relevan adalah teori sibernetik. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi teori sibernetik dan melihat feedback pencapaian peserta didik yaitu melihat 3 komponen kompetensi  Science Technology Engineering and Math (STEM), produk, dan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek  pada penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 22 orang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaplikasian teori sibernetik pada masa pandemi ini sangat menuntut guru dan siswa mengasah kemampuan teknologi informasi dan hasil  dari kemampuan kompetensi Science Technology Engineering and Math (STEM), produk, dan karakter  menunjukan bahwa kemampuan STEM siswa paling tinggi dibanding produk dan karakter. Selain itu hubungan antara kompetensi STEM dan produk lebih kuat dibanding dengan karakter.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Nur’alimah, E. O. (2022). Implementasi Teori Sibernetik pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i1.146

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.