Fikih: Dari Ilmu ke Mata Pelajaran Formal

Authors

  • Pebrian Erdiana Himawan Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Gigin Sugiwa Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Sofyan Yahya Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Ambi Kusmana Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.753

Keywords:

Fikih, Disiplin Ilmu, Pendidikan Islam, Pembelajaran, Karakteristik

Abstract

Kajian ini membahas karakteristik fikih dalam dua perspektif utama: sebagai disiplin ilmu dan sebagai mata pelajaran dalam pendidikan formal. Fikih sebagai disiplin ilmu memiliki struktur epistemologis yang khas, bersumber dari wahyu, bersifat normatif-praktis, serta terbuka terhadap ijtihad dan dinamika sosial. Karakteristik ini tercermin dalam sifatnya yang rabbaniyyah, akhlaqiyyah, waqi’iyyah, tanasuq, dan syumuliyyah. Sementara itu, sebagai mata pelajaran, fikih berfungsi tidak hanya sebagai pengantar hukum-hukum Islam, tetapi juga sebagai sarana pembinaan nilai, sikap, dan keterampilan keagamaan peserta didik. Pembelajaran fikih di sekolah dituntut untuk kontekstual, aplikatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan menganalisis sumber-sumber literatur fikih dan pendidikan Islam. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa integrasi antara dua perspektif tersebut sangat penting untuk mengembangkan pembelajaran fikih yang utuh, bermakna, dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

References

Al Ghifari, A. (n.d.). Imam Nawawi dan Madrasah Darul Hadits Meneladani Tokoh Pendidikan keulamaan dan Keumatan. wawasan Ilmu.

Husain, R. (2018). Pemahaman konseptual materi fiqih oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(3), 210–225.

Lazwardi, D. (2025). Integrasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 4(3), 1–10.

Maula, B. S. (2003). Realitas hukum Islam dalam konfigurasi sosial dan politik di Indonesia (perspektif sosiologi hukum tentang perkembangan hukum Islam di Indonesia). Jurnal HermeneiaVol-2-No-2-2003.

Nurriqi, A. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan.

Prihantoro, S. (2017). Maqasid Al-Syari�ah Dalam Pandangan Jasser Auda (sebuah upaya rekontruksi hukum islam melalui pendekatan sistem). Jurnal At-Tafkir, 10(1).

Shiddiq, F., Mulyana, D., & Mardi, A. I. (2025). Melacak Ketersebaran Hadis di Madinah; Analisis Madrasah Hadis Madinah Generasi Sahabat-Tabiin. El-Badr: Jurnal Pemikiran Dan Peradaban Islam, 1(2), 1–10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Trianita, A., Maulana, A. R., Tsaniatus, M., Anwar, S., & Fadhil, A. (2024). Analisis Karakteristik Materi Fikih di Berbagai Jenjang Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 2(6), 162–174.

Zainuddin, F. (2020). Formulasi Hukum dan Karakteristik Fiqih. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Keluarga Islam, 1(1), 144–158.

Downloads

Published

2025-10-04

How to Cite

Himawan, P. E., Sugiwa, G., Yahya, S., & Kusmana, A. (2025). Fikih: Dari Ilmu ke Mata Pelajaran Formal. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 1122–1133. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.753

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.