Fikih: Dari Ilmu ke Mata Pelajaran Formal
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.753Keywords:
Fikih, Disiplin Ilmu, Pendidikan Islam, Pembelajaran, KarakteristikAbstract
Kajian ini membahas karakteristik fikih dalam dua perspektif utama: sebagai disiplin ilmu dan sebagai mata pelajaran dalam pendidikan formal. Fikih sebagai disiplin ilmu memiliki struktur epistemologis yang khas, bersumber dari wahyu, bersifat normatif-praktis, serta terbuka terhadap ijtihad dan dinamika sosial. Karakteristik ini tercermin dalam sifatnya yang rabbaniyyah, akhlaqiyyah, waqi’iyyah, tanasuq, dan syumuliyyah. Sementara itu, sebagai mata pelajaran, fikih berfungsi tidak hanya sebagai pengantar hukum-hukum Islam, tetapi juga sebagai sarana pembinaan nilai, sikap, dan keterampilan keagamaan peserta didik. Pembelajaran fikih di sekolah dituntut untuk kontekstual, aplikatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan menganalisis sumber-sumber literatur fikih dan pendidikan Islam. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa integrasi antara dua perspektif tersebut sangat penting untuk mengembangkan pembelajaran fikih yang utuh, bermakna, dan sesuai dengan kebutuhan zaman.
References
Al Ghifari, A. (n.d.). Imam Nawawi dan Madrasah Darul Hadits Meneladani Tokoh Pendidikan keulamaan dan Keumatan. wawasan Ilmu.
Husain, R. (2018). Pemahaman konseptual materi fiqih oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(3), 210–225.
Lazwardi, D. (2025). Integrasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 4(3), 1–10.
Maula, B. S. (2003). Realitas hukum Islam dalam konfigurasi sosial dan politik di Indonesia (perspektif sosiologi hukum tentang perkembangan hukum Islam di Indonesia). Jurnal HermeneiaVol-2-No-2-2003.
Nurriqi, A. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan.
Prihantoro, S. (2017). Maqasid Al-Syari�ah Dalam Pandangan Jasser Auda (sebuah upaya rekontruksi hukum islam melalui pendekatan sistem). Jurnal At-Tafkir, 10(1).
Shiddiq, F., Mulyana, D., & Mardi, A. I. (2025). Melacak Ketersebaran Hadis di Madinah; Analisis Madrasah Hadis Madinah Generasi Sahabat-Tabiin. El-Badr: Jurnal Pemikiran Dan Peradaban Islam, 1(2), 1–10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Trianita, A., Maulana, A. R., Tsaniatus, M., Anwar, S., & Fadhil, A. (2024). Analisis Karakteristik Materi Fikih di Berbagai Jenjang Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 2(6), 162–174.
Zainuddin, F. (2020). Formulasi Hukum dan Karakteristik Fiqih. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Keluarga Islam, 1(1), 144–158.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Pebrian Erdiana Himawan; Gigin Sugiwa; Sofyan Yahya, Ambi Kusmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.