Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Materi Pendapatan Nasional Pada Pembelajaran Daring Melalui Media Zoom Meeting dan Google Form

Authors

  • Nining Sariningsih SMA Negeri 1 Cibeber, Cianjur, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i4.175

Keywords:

Pendapatan Nasional, Media Zoom Meeting Dan Google Form, Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui sejauh mana efektifitas media zoom meeting dan google form dalam mengatasi masalah aktivitas dan hasil belajar Ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif di SMA Negeri 1 Cibeber, Kabupaten Cianjur pada kelas XI IPS 2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 36 siswa. Tehnik pengumpulan data merupakan suatu cara yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan dalam sebuah penelitian. Adapun metodenya adalah: Metode Observasi, Metode Interview, Metode Dokumentasicdan metode tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru masih merasa kurang maksimal, hal ini dibuktikan siswa sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran daring akan tetapi tentu saja harus di dukung dengan media pembelajaran daring yang memadai seperti aplikasi WhatsApp, Zoom meeting dan lain-lain. Kegagapan pembelajaran daring masih nampak terlihat di SMA Negeri 1 Cibeber. Komponen-komponen yang sangat penting dari proses pembelajaran daring daring (online) perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Persentase siswa yang berhasil meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Ekonomi mencapai sejumlah 100% dari keseluruhan siswa 36 siswa. Tindakan yang dilakukan guru adalah perbaikan kualitas pembelajaran serta dorongan untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang pada akhirnya bisa menumbuhkembangkan akhlak dan moral siswa.

Published

2022-09-26

How to Cite

Sariningsih, N. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Materi Pendapatan Nasional Pada Pembelajaran Daring Melalui Media Zoom Meeting dan Google Form. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(4), 262–273. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i4.175

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.