Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi

Authors

  • Fauziah Rachman Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia, Indonesia
  • Meiliana Nurfitriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia, Indonesia
  • Mohammad Fahmi Nugraha Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.200

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, tipe picture and picture, keterampilan menulis karangan deskipsi

Abstract

Rendahnya nilai keterampilan menulis karangan deskripsi adalah faktor utama dilakukannya sebuah penelitian. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Cimara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif, jenis desain quasi experimental design, macam jenis desain nonequivalent control group desain. Populasi subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Cimara yang terdiri dari 31 orang, untuk sampel penelitian kelompok eksperimen terdiri dari 16 orang dan kelompok kontrol terdiri dari 15 orang, dengan pengambilan teknik sampling menggunakan simple random sampling. Sumber data menggunakan sumber primer yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sementra itu, untuk instrumen teknik analisis data dilakukan dengan cara uji perhitungan statistik inferensial/propabilitas atau teknik analisis data kuantitatif, menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan bahwa thitung yang diperoleh adalah 8,726 dengan ttabel df = 29, taraf signifikansi 0,05 hasil ttabel Std. Error Difference = 2,445. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (8,726 > 2,445). Selain itu, hasil t-test Sig. (2-tailed) ialah 0,000 maka itu artinya 0,000 < 0,05 jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, bahwa hasil uji hipotesis menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Cimara

Published

2023-01-25

How to Cite

Rachman, F., Nurfitriani, M., & Nugraha, M. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 382–391. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.200

Citation Check

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.