Strategi Komunikasi dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Media Digital pada Televisi di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i1.220Keywords:
Strategi Komunikasi, Literasi, Media, Digital, Televisi, Pandemi Covid-19Abstract
Media telah menjadi komponen penting masyarakat. Kita berinteraksi dengan media setiap hari, baik sengaja maupun tidak sengaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode komunikasi yang paling efektif serta faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan keterampilan literasi media digital. Penulis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk meneliti kondisi alami dan objektif, dengan peneliti sebagai instrumen utama. karena peneliti ingin memberikan gambaran yang lebih spesifik, transparan, dan mendalam tentang kondisi yang akan diamati di lapangan, dan kondisi apa adanya, tanpa memperlakukan atau memanipulasi variabel yang diteliti. Berdasarkan Hasil Penelitian yang telah diperoleh Strategi KPID Sumsel selain dengan cara memantau program siaran pada televisi juga melakukan pembinaan maupun peningkatan SDM penyiaran, serta membentuk sebuah program kemasyarakatan dengan melakukan sosialisai maupun edukasi secara langsung kedaerah di Sumatera Selatan. Peran pendukung dari KPID Sumsel tiada hentinya sarana prasarana yang disediakan guna mempermudah dalam melakukan Sosialisasi lansgung serta dukungan melalui Media Sosial, dan Website yang dapat diakses dengan mudah melalui handphone.