Peran Infrastruktur Telekomunikasi sebagai Pendorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata

Pendekatan Generalized Least Square (GLS) 33 Provinsi di Indonesia

Authors

  • Adhitya Wardhana Center for Economics and Development Studies, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Indonesia, Indonesia
  • Bayu Kharisma Center for Economics and Development Studies, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Indonesia, Indonesia
  • Wawan Hermawan Center for Economics and Development Studies, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Indonesia, Indonesia
  • M. Zidan Fauzy Center for Economics and Development Studies, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.727

Keywords:

Digital, Pariwisata, Pengeluaran Pemerintah, Generalized Least Square

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh digitalisasi dan kunjungan wisatawan asing terhadap output sektor pariwisata di Indonesia. Studi ini menggunakan data panel dari 33 provinsi selama periode tertentu dan dianalisis menggunakan metode Generalized Least Square (GLS) untuk menangkap dinamika antarwilayah. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel digitalisasi yang diproksikan melalui jumlah Base Transceiver Station (BTS), jumlah atraksi wisata, jumlah hotel, dan kunjungan wisatawan asing secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan output pariwisata yang diukur melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pariwisata. Di sisi lain, pengeluaran pemerintah tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan utama menunjukkan bahwa digitalisasi merupakan faktor paling dominan dalam mendorong output sektor ini, mengindikasikan pentingnya pembangunan infrastruktur digital di destinasi wisata. Kontribusi teoretis dari penelitian ini terletak pada pemanfaatan infrastruktur digital sebagai proksi dalam model ekonomi pariwisata, yang relatif jarang digunakan dalam konteks Indonesia. Secara praktis, hasil ini memberikan masukan penting bagi pemerintah dalam merancang strategi pembangunan pariwisata berbasis transformasi digital untuk mengurangi ketimpangan akses dan meningkatkan daya saing pariwisata daerah

References

Adeola, O., & Evans, O. (2020). ICT, infrastructure, and tourism development in Africa. Tourism Economics, 26(1), 97–114.

Adyaharjanti, A., & Hartono, D. (2020). Dampak Pengeluaran Wisatawan Mancanegara terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 33. https://doi.org/10.24843/JEKT.2020.v13.i01.p02

Al-Mulali, U., Solarin, S. A., Andargoli, A. E., & Gholipour, H. F. (2021). Digital adoption and its impact on tourism arrivals and receipts. Anatolia, 32(2), 337–339.

Alwi, M. I., Sasana, H., & Jalunggono, G. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Hunian Hotel, Jumlah Wisatawan dan Jumlah Objek Wisata terhadap Pendapatan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kebumen. DINAMIC: Directory Journal of Economic, 1(3), 294–306.

Chen, M.-H. (2011). The response of hotel performance to international tourism development and crisis events. International Journal of Hospitality Management, 30(1), 200–212. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.06.005

El Yamin, D. A., Noor S., F. S. J., Salsabila, I., Khairani, J. N., Putri, N. A., & Pratiwi, N. A. (2024). Dampak Pariwisata dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Wisata Karangrejo melalui Community Based Tourism (CBT). Jurnal Nasional Pariwisata, 14(2), 108. https://doi.org/10.22146/jnp.100584

Gujarati, D. N. (2021). Essentials of econometrics. Sage Publications.

Gunter, U., & Önder, I. (2016). Forecasting city arrivals with Google Analytics. Annals of Tourism Research, 61, 199–212. https://doi.org/10.1016/j.annals.2016.10.007

Habibi, F., Rahmati, M., & Karimi, A. (2018). Contribution of tourism to economic growth in Iran’s Provinces: GDM approach. Future Business Journal, 4(2), 261–271. https://doi.org/10.1016/j.fbj.2018.09.001

Hsiao, C. (2014). Analysis of panel data (third). Analysis of Panel Data, 2014.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

Jufri, S., Anggareni, L., & Sasongko, H. (2022). The Effect of The Culture and Tourism Office Budget on Tourist Arrivals to The Bogor District. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.362

Khairina, N., & Anggraeni, L. (2023). The Contribution of Tourism Sector to Locally Generated Revenue in Indonesia�s Top Priority Tourist Destination. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 18(1), 48–61.

Kumar, N., & Kumar, R. R. (2020). Relationship between ICT and international tourism demand: A study of major tourist destinations. Tourism Economics, 26(6), 908–925. https://doi.org/10.1177/1354816619858004

Moerwanto, A. S., & Junoasmono, T. (2017). Strategi pembangunan infrastruktur wisata terintegrasi. Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), 3(2).

Mucharreira, P. R., Antunes, M. G., Abranja, N., Justino, M. R. T., & Quirós, J. T. (2019). The relevance of tourism in financial sustainability of hotels. European Research on Management and Business Economics, 25(3), 165–174. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2019.07.002

Mukaffi, Z., & Haryanto, T. (2022). Faktor-Faktor Penentu Pariwisata yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi: Tinjauan Sistematis. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1598. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2590

Porter, D. C., & Gujarati, D. N. (2009). Basic econometrics. New York: McGraw-Hill Irwin.

Reitsamer, B. F., & Brunner-Sperdin, A. (2017). Tourist destination perception and well-being. Journal of Vacation Marketing, 23(1), 55–72. https://doi.org/10.1177/1356766715615914

Risty, F. I. N. (2024). Keterlibatan multistakeholders dalam mengembangkan produktivitas dan daya saing industri kreatif berbasis pariwisata. Journal of Tourism and Creativity, 8(2), 103–108.

Rizaldi, A. S., Rumanti, A. A., & Andrawina, L. (2024). Sustainable Tourism Industry in Indonesia through Mapping Natural Tourism Potential: Taxonomy Approach. Sustainability, 16(10), 4201. https://doi.org/10.3390/su16104201

Wahyuningsi, A. S., Mahmud, A. K., & Paramita, A. (2024). Peran Strategis Pengeluaran Pariwisata, Infrastruktur, dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah MAMMINASATA. Bulletin of Economic Studies (BEST), 4(2), 109–129.

Zhou, A. (2022). Digital infrastructure and economic growth—Evidence for China. Journal of infrastructure, Policy and Development, 6(1), 1397.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Wardhana, A., Kharisma, B., Hermawan, W., & Fauzy, M. Z. (2025). Peran Infrastruktur Telekomunikasi sebagai Pendorong Pertumbuhan Sektor Pariwisata: Pendekatan Generalized Least Square (GLS) 33 Provinsi di Indonesia. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 511–520. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.727

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.