Perilaku Bullying Pada Web Series 7 Hari Sebelum 17 Tahun
Analisis Semiotika Tanda Saussure
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.791Keywords:
Bullying, Semiotika Tanda Saussure, Web SeriesAbstract
Sastra merupakan seni yang diungkapkan lewat bahasa yang memuat berbagai ekspresi dan kreatifitas yang kaya akan makna. Sastra dapat terkandung dalam berbagai karya seni, salah satunya pada web series. Tujuan penelitian ini guna mengkaji representasi perilaku bullying yang tampak pada web series “7 Hari Sebelum 17 Tahun”. Metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis semiotika tanda Saussure digunakan sebagai metode penelitian dan teknik analisis data. Prinsip teknik analisis data tersusun atas dua bagian, yakni signifier (penanda) dan signified (petanda). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Pengambilan data dilakukan dengan melalui catatan lapangan yang terdiri atas dua jenis, yakni refleksi dan deskriptif. Penelitian memiliki hasil bahwa pada web series “7 Hari Sebelum 17 Tahun” perilaku bullying tergambar melalui kombinasi simbol visual, bahasa tubuh, dan dialog yang memuat stereotip, kekerasan psikologis, serta tekanan sosial antar remaja. Perilaku bullying yang terjadi disebabkan oleh 4 faktor, diantaranya faktor keluarga akibat, faktor sekolah, faktor media massa, dan faktor teman sebaya. Bentuk perilaku bullying yang terlihat, yakni secara verbal, fisik, relasional, dan elektronik (cyberbullying). Penelitian ini memberikan pengetahuan bahwa karya seni sastra tidak hanya sekedar tontonan, tetapi memiliki makna tersirat dan pembelajaran terkait dampak negatif bullying. Penelitian memiliki kontribusi sebagai referensi dalam kajian sosiologi media dan pendidikan karakter.
References
Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Nabila Syah, S., Andi Restari, Y., Atikah, S., Engkizar, E., Anwar, F., & Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454
Ilyas, N., & Ashfahani, S. (2020). Peran Director Of Photograpy dalam menginterpretasikan visual pada web series di youtube. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 12(2), 1. https://doi.org/10.38041/jikom1.v12i2.125
Lestari, A., & Nurizki, A. (2024). Analisis Struktur Batin dan Gaya Bahasa dalam Puisi “Gugur” Karya W. S. Rendra. 2(2), 179–184. https://doi.org/10.56854/jspk.v2i2.176
Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik (Studi Kasus Pada Siswa SMPN 2 Kota Tangerang Selatan). Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Madhona, R. H., & Yenny. (2022). Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan Dalam Film Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Soetomo Communication and Humanities, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.25139/sch.v3i1.4475
Muna, F. D. (2024). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Makna Keluarga dalam Web Series Layangan Putus. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Najwa, L., Aryani, M., Suhardi, M., Purmadi, A., & Garnika, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.51878/community.v3i1.2330
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Br Samosir, R. R. Y. (2021). Hubungan Imajinasi Dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 2(3), 100. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26274
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ira Pratiwi Alberta Barus, Luh Putu Sendratari, Fitri Noviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.