Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir

Authors

  • Eva Soraya Zulfa STIT ATTaqwa Ciparay Bandung
  • Siti Nur Asiyah STIT ATTaqwa Ciparay Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i02.105

Keywords:

Pelaksanaan shalat Dhuha, Disiplin Belajar, MA Al Mufasir

Abstract

Kurangnya disiplin belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung sehingga mempengaruhi efektiitas belajar mengajar dan ibadah yang rutin dan wajib dilkukan siswa pada jam belajar adlah solat duha. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah  pelaksanaan shalat dhuha berjamaah berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir. Metode  penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif , untuk  mencari  pengaruh pelaksanaan solat duha (X) terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan populasi dari seluruh siswa kelas XI IPS di MA Al-Mufasir yang berjumlah 38 orang. Instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunaka aplikasi SPSS seri 20. Dari penelitian tersebut dapat diketahui terdapat pengaruh positif antara pelaksanaan shalat dhuha berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI IPS dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,391 dimana nilai tersebut masuk pada kategori rendah. Hubungan yang positif tersebut dinyatakan dengan adanya konstribusi variabel X ( Shalat Dhuha) dan variable Y (Disiplin Belajar Siswa) melalui hasil analisis regresi.  Dari hasil perhitungan tingkat pengaruh variable dapat dilihat dari output perhitungan, hasilnya terdapat pada tabel model summary adalah 0,153, hal ini dicerminkan bahwa pelaksanaan shalat dhuha berjamaah memberikan konstribusi sebesar 15,3% dan sisanya 84,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan solat duha memiliki hbungan yang positif dengan pengaruh yang rendah terhadap kedisimplinan siswa dalam proses pembelajaran.

Published

2021-05-20

How to Cite

Zulfa, E. S., & Asiyah, S. N. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i02.105