Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.33Keywords:
Disipiln Belajar, Bimbingan Kelompok, Self ManagementAbstract
Sikap disiplin belajar siswa saat ini masih belum baik dalam proses belajar disekolah. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan beberapa peristiwa antara lain: masih ada siswa yang terlambat datang ke sekolah, mengerjakan tugas tidak tepat waktu, mengandalkan teman saat ada ulangan, belajar hanya saat ada ulangan, dan tidak berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok yang selama ini dilaksanakan di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang; (2) ditemukannya model pengembangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa; (3) mengetahui tingkat keefektifan model pengembangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) sampai pada tahap ke enam yaitu menghasilkan produk akhir, yang telah di validasi oleh dua pakar dan dua praktisi. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling. Subyek penelitian berjumlah 10 siswa yang memiliki skor skala disiplin belajar sedang dan rendah. Analisis data menggunakan analisis non parametrik Wilcoxon sign rank untuk mengetahui efektifitas model bimbingan kelompok dengan teknik self managemet untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Hasilpenelitian, adanya pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik self management, dan model itu efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.