Peningkatan Pemahaman Penentuan KKM Melalui Kegiatan Diskusi Kelompok Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Authors

  • Dedi Supriyadi SMPN 1 Cikembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i4.176

Keywords:

Supervisi Akademik, Penentuan KKM, Diskusi Kelompok

Abstract

Hasil supervisi akademik kepengawasan tahun 2021/2022 khusus tentang Menentukan KKM hanya mencapai 4,12 % dari jumlah guru 16 orang. Hal ini disebabkan guru enggan untuk konsultasi khusus dalam mengemukakan permasalahan proses pembelajaran, khususnya dalam penentuan KKM. Untuk mengatasi hal tersebut maka pada pelaksanaan kepengawasan tahun 2021/2022 dilaksanakan pengembangan supervisi klinis dengan cara diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman guru dalam pelaksanaan penentuan KKM di sekolah yaitu di SNPN 1 Cikembar Kecamatan Cikembar kabupaten Sukabumi. Pada tahap pertemuan awal dari 16 orang guru ada 12 guru yang melaksanakan penentuan KKM rata-rata setiap guru menuliskan penentuan KKM sekitar dua sampai tujuh KD. Kemudian pada saat membuat perencanaan penentuan KKM sudah dapat membuat perencanaan penentuan KKM secara mandiri sesuai dengan kebutuhan sekolah yaitu merevisi sebanyak 89,12 % dan membuat sendiri sebanyak 10, 88 %.  Selanjutnya hasil validasi silabus dan RPP maka yang sesuai dengan rambu-rambu rata-rata antara 63,88 % sampai 69,74 %. Hasil observasi kegiatan pembelajaran dengan cara menilai diri sendiri adalah proses pembelajaran berpusat pada siswa karena aktivitas siswa rata-rata 95,18 % dan aktivitas guru rata-rata 36,30 %. Hasil tahap pertemuan balikan semua guru melaksanakan refleksi yaitu yang menulis tentang keberhasilan dalam proses pembelajaran semuanya (100%), yang menulis tentang kendala hanya 98,72 %, dan semua guru menentukan tindak lanjut dan kesimpulan. Ini menunjukkan bahwa pada guru- guru ada komitmen untuk melaksanakan tindak lanjut pada kegiatan berikutnya. Untuk objektivitas menilai diri sendiri selama kegiatan kepala sekolah melakasakan monitoring dan evaluasi pada setiap tahapan. Berdasarkan hasil pengembangan pelaksanaan supervisi akademis melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman guru dalam penentuan KKM, kualitas pembelajaran dan kompetensi guru.

Published

2022-09-27

How to Cite

Supriyadi, D. (2022). Peningkatan Pemahaman Penentuan KKM Melalui Kegiatan Diskusi Kelompok Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(4), 274–279. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i4.176

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.