Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Hukum Bacaan Al-Syamsiyah Dan Al-Qamariyah Melalui Penggunaan Model Jigsaw di Kelas VIII SMPN 3 Kota Sukabumi

Authors

  • Heri Ridwan SMP Negeri 3 Sukabumi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.197

Keywords:

Hasil Belajar, Hukum Bacaan Al-Syamsiyah dan Al-Qamariyah, Model Jigsaw

Abstract

Penelitian dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI melalui Penggunaan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Hukum Bacaan Al-Syamsiyah dan Al-Qamariyah di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sukabumi dilaksanakan untuk mengangkat sebuah fenomena pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas yang diprediksi dapat meningkatkan perhatian, keberanian, dan kesungguhan siswa sehingga siswa menjadi aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik observasi dan metode kuantitatif dengan teknik penghitungan nilai akhir siswa pada pascates. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 40 orang siswa kelas VIII, mencakup langkah-langkah penelitian, perencanaan, pelaksanaan (action), observasi dan refleksi dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada umumnya perhatian siswa, keberanian, kebungguhan, kemampuan dan kejelian, meningkat selama KBM berlangsung, hal ini tampak baik pada siklus I maupun siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas pada siklus I hanya 18 orang (36,11 %) dan meningkat menjadi 38 orang (97 %) pada siklus II, maka terjadi peningkatan sebesar 60,89; Berdasarkan temuan tersebut di atas, Model Kooperatif Jigsaw juga dapat digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, karena Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dan berdampak positif bagi terbentuknya kompetensi siswa dan situasi belajar mengajar yang kondusif

Published

2023-01-09

How to Cite

Ridwan, H. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Hukum Bacaan Al-Syamsiyah Dan Al-Qamariyah Melalui Penggunaan Model Jigsaw di Kelas VIII SMPN 3 Kota Sukabumi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(5), 351–360. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i5.197

Citation Check

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.