Studi Eksperimen Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i1.214Keywords:
Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika ekonomi, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika ekonomi, dan 3) pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas regular program studi Pendidikan Ekonomi Uniersitas Indraprasta PGRI dengan sampel penelitian ini adalah 2 kelas. Peneliti menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian ini, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Perhitungan teknik analisis data dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian adalah 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika ekonomi, 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika ekonomi, dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran flipped classroom dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika ekonomi.