Strategi Komunikasi Islam dalam Konteks Dakwah

Authors

  • Jumriah Komala Sari Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
  • M. Abzar Duraesa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, indonesia
  • Muhammad Tahir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, indonesia
  • Sitti Syahar Inayah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i5.510

Abstract

Komunikasi berperan penting dalam aspek kehidupan, baik dalam menciptakan interaksi sosial juga interaksi interpersonal. Salah satu bentuk interaksi sosial adalah berdakwah. Sebagaimana Islam mengharuskan pengikutnya untuk menyebarkan (mendakwahkan) ajaran Islam. Dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah tentunya diperlukan komunikasi yang baik agar pesan dakwah yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik pula oleh khalyak. Dalam analisis penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang hasilnya dijabarkan dalam bentuk deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan beberapa strategi yang dapat digunakan khususnya, tiga strategi sentimen, nalar, dan akal sehat. Taktik lainnya termasuk berinovasi, menggunakan strategi multikultural, dan memanfaatkan pendekatan yang berfokus pada generasi milenial

Downloads

Published

2024-10-30