Implementasi Program Pembangunan Infrastruktur Ruas Jalan Dinas PUPR Kabupaten Lebak

Studi Kasus: Ruas Jalan Rangkasbitung-Gajrug

Authors

  • Adit Ramadhani Hartono Ilmu Pemerintahan, Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Diah Ayu Pratiwi Ilmu Pemerintahan, Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Suherman Arifin Ilmu Pemerintahan, Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Malik Fatoni lmu Pemerintahan, Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Endayani Endayani lmu Pemerintahan, Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.760

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Infrastruktur Jalan, Rangkasbitung–Gajrug.

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi program pembangunan infrastruktur ruas Jalan Rangkasbitung–Gajrug oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak. Jalan ini memiliki fungsi strategis sebagai penghubung antarwilayah serta mendukung mobilitas masyarakat, distribusi hasil pertanian, dan akses menuju destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana program pembangunan tersebut telah diimplementasikan secara efektif. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan berdasarkan teori implementasi kebijakan dari George C. Edwards III yang terdiri dari empat variabel utama: komunikasi, sumber daya, disposisi pelaksana, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antar pihak terkait cukup baik, meskipun belum sepenuhnya sistematis. Sumber daya manusia yang tersedia dinilai kompeten, namun jumlahnya masih terbatas. Dari sisi anggaran, alokasi dana belum sepenuhnya mencukupi sehingga menuntut penyesuaian teknis. Komitmen pelaksana tinggi, namun pengambilan keputusan tetap terpusat pada pimpinan. Struktur birokrasi sudah mendukung, meskipun fleksibilitas masih perlu ditingkatkan. Kesimpulannya, implementasi program belum berjalan optimal dan membutuhkan peningkatan dalam hal koordinasi, sumber daya, serta dukungan anggaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan SDM, monitoring yang berkelanjutan, dan perencanaan berbasis kebutuhan untuk keberhasilan pembangunan infrastruktur jalan.

References

ADIP SAPUAN. (2023). Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Magelang. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Arifin, S. (2024). GLOBALISASI DAN MODERNISASI BUDAYA SEBAGAI TALI PEMERSATU DAN SILATURAHMI ADAT ( STUDI KASUS. 01(01), 1–17.

Armando, G., Solihin, M., & Pratiwi, A. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM E-GOVERNMENT KECAMATAN BATAM KOTA TAHUN 2018 PENDAHULUAN Di era globalisasi seperti sekarang ini yang telah membuat kehidupan masyarakat lebih simple dan lebih mudah adalah teknologi informasi dan komunikasi . Dengan adanya kemudahan-. 3(1), 77–88.

Ayu, N. (2024). Implementasi Kebijakan Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 9(1).

Cahyani, L. E., Fatchuriza, M., & Rahmawati, M. P. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR KELURAHAN LANGENHARJO DI KABUPATEN KENDAL (Studi Kasus Kerusakan Jalan di Kelurahan Langenharjo). Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(2), 346–361.

Cahyono, Y., & Cholil, S. R. (2024). Sistem Pengendalian Operasional Kegiatan Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(1), 43–53.

Indrawan, Asep, and Y. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif dan Kualitatif. Pustaka Cendekia (Issue April 2023).

Kristanto, W. S., & Ratih, S. Y. (2021). Evaluasi Kerusakan Jalan pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus Jalan Tawangmangu-Cemorosewu STA 2+000 sampai dengan 4+000). 1–6.

Luthfi, M. I., Bashir, A., & Sukanto, S. (2024). Jurnal Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Identifikasi pengaruh infrastruktur publik dan ketimpangan pendapatan per kapita terhadap pertumbuhan ekonomi di Wilayah Sumbagsel tahun 2013-2022. 3(2), 235–242. https://doi.org/10.20885/JKEK.vol3.iss2.art14

Rosyidi, S. A. P. (2021). Evaluasi Variabilitas Kinerja Struktur Perkerasan Jalan Berbasis Pengujian Seismik. Semesta Teknika, 24(2), 69–83. https://doi.org/10.18196/st.v24i2.12868

Soelistijo, A. (2018). Peningkatan Mutu Pembangunan Jalan Menggunakan Sistem Informasi. Jurnal HPJI, 4(1), 1–10.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D.

Syafira, D. D., & Triani, M. (2021). Kausalitas Infrastruktur Jalan, Urbanisasi dan Kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 3(2), 53–60.

Yulianti, R., & Hasanah, B. (2018). Implementasi Program Pemeliharaan Jalan di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 6(2), 111–125.

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Hartono, A. R., Pratiwi, D. A., Arifin, S., Fatoni, M., & Endayani, E. (2025). Implementasi Program Pembangunan Infrastruktur Ruas Jalan Dinas PUPR Kabupaten Lebak: Studi Kasus: Ruas Jalan Rangkasbitung-Gajrug. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 794–805. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.760

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.