Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santriwati Bidang Ilmu Al-Mahid

Authors

  • Agus Muhibudin Akademi Maritim Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i3.79

Keywords:

Metode Drill, Motivasi, Al-Mahid

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis serta dalam pemikiran para ulama dan dalam praktek sejarah umat Islam, seperti pendidikan yang ada di dalam pesantren. Metode Drill adalah suatu cara mengajar siswa melakukan latihan, siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Harga koefisien korelasi r = 0,65 artinya pengaruh penggunaan metode drill terhadap  motivasi belajar santri pada bidang ilmu Al- Mahid termasuk dalam kategori cukup. Terdapat pengaruh antara metode drill dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada bidang Ilmu Al-Mahid di Pondok Pesantren Assalafiat II sebesar (0,65) termasuk dalam kategori cukup. Penelitian ini memberikan informasi bahwa Metode Drill berpengaruh terhadap motivasi Belajar santriwati sebesar (0,65). Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar Santriwati masih banyak dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, diharapkan dalam penelitian selanjutnya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi belajar Santriwati selain yang diteliti dalam penelitian ini.

Published

2021-07-27

How to Cite

Muhibudin, A. (2021). Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santriwati Bidang Ilmu Al-Mahid. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(3), 147–155. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i3.79

Citation Check

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.