Peran Media Sosial Facebook dan Instagram dalam Pembentukan Konsep Diri Remaja di Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.326Keywords:
Role, Social Media, Self-concept.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media sosial facebookdan Instagram dalam membentuk konsep diri remaja. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui media sosial remaja tanpa sadar membentuk konsep diri sebagaimana konsep diri sang idola. Sang idola dijadikan sebagai role mode karena dianggap memiliki citra positif dihadapan orang lain, citra diri tersebut diaplikasikan dalam pikiran, sikap dan perilaku remaja yang direpresentasikan melaui postingan berupa tulisan, gambar dan video dalam akun media sosial.