Etika Tenaga Kependidikan Universitas Mbojo Bima dalam Pelayanan Publik
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.313Keywords:
etika, tenaga kependidikan, pelayanan, publikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika tenaga Kependidikan Universitas Mbojo Bima dalam pelayanan Publik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kampus Universitas Mbojo Bima dari bulan September hingga November 2023. Adapun subyek/informan dalam penelitian ini adalah Kepala-Kepala Unit, dan enam Program Studi di Universitas Mbojo Bima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek integritas, tanggung jawab, dan profesionalisme tenaga kependidikan di Universitas Mbojo Bima, telah menjalankan peran dan tanggung jawabnya dengan penuh komitmen untuk memberikan pelayanan publik dan pendidikan yang berkualitas. Aspek integritas menjadi dasar utama dalam tindakan dan perilaku tenaga kependidikan. Mereka menerapkan prinsip etika dalam setiap interaksi, memberikan contoh positif, dan menjaga transparansi dalam segala aspek pekerjaan. Penerapan etika juga tercermin dalam komitmen mereka untuk mengelola konflik kepentingan dengan bijaksana, memastikan bahwa kepentingan pribadi tidak merugikan kepentingan publik atau mahasiswa. Tanggung jawab tenaga kependidikan melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengembangan program akademik hingga pemberdayaan mahasiswa dan partisipasi dalam kegiatan komunitas. Mereka juga terlibat dalam penelitian dan publikasi, menciptakan dampak positif pada dunia ilmiah dan memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan. Profesionalisme tenaga kependidikan tercermin dalam kesesuaian kualifikasi pendidikan, kedisiplinan dalam melaksanakan tugas, dan penggunaan teknologi pendidikan. Mereka secara aktif menunjukkan komitmen untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan terkini dalam dunia pendidikan. Meskipun demikian, beberapa kendala juga dapat diidentifikasi, seperti tuntutan beban kerja yang tinggi, keterbatasan sumber daya, dan perubahan paradigma pendidikan yang cepat. Namun, tenaga kependidikan di Universitas Mbojo Bima terus berusaha mengatasi kendala-kendala tersebut dengan integritas, tanggung jawab, dan profesionalisme yang tinggi